Media Tanam Hidroponik Berbasis Gel

Hidroponik merupakan cara bertanam tanpa menggunakan media tanah. Media yang digunakan adalah media non tanah baik yang berupa bahan or...


Hidroponik merupakan cara bertanam tanpa menggunakan media tanah. Media yang digunakan adalah media non tanah baik yang berupa bahan organik maupun anorganik, yang berfungsi sebagai media perakarannya. Dalam hydrogel pemberian air dan mineral berfungsi sebagai sumber nutrisi bagi tanaman (Prihmantoro, 1995). Salah satu media yang bisa dimanfaatkan untuk sistem hidroponik adalah gel. Jeloponik atau hydrogel adalah penemuan terbaru dan menarik untuk memudahkan bercocok tanam dengan sistem hidroponik. Kristal-kristal “polymer” ini dapat dijadikan media tanam yang indah dengan keanekaragaman warna. Penggunaan gel sebagai hidrogel (hidroponik) banyak juga digunakan sebagai media tanaman hias sebab sifat gel yang dapat diberikan pewarna, praktis dan dapat disiram sebulan sekali, terhindar dari hewan tanah, cocok untuk ruang tamu atau meja kerja.

Sejarah dan Asal Mula Hidrogel
Hidrogel merupakan polimer buatan sejenis karet yang kekenyelannya mendekati agar-agar yang bisa menyerap air hingga 100-500 kali ukurannya sendiri. Pertama kali gel tersebut ditemukan oleh seoran ilmuwan yang berasal dari swiss sekitar tahun 1978. Pemanfaatan gel itu sendiri pertama kalinya digunakan oleh dunia kesehatan untuk pengobatan luka bakar, operasi plastik, lensa kontak, dan lain-lain. Pada tahun 1990-an, Perancis dan Belgia mengembangkan polimer gel tersebut yang dipergunakan untuk kultur jaringan serta pertanian, yaitu pada lahan pertanian yang kering serta jarang hujan yang fungsinya sebagai cadangan dan nutrisi tanaman. Salah stau negara yang mengaplikasikan gel ini adalah Saudi Arabia, sebagaimana kita keahui bahwa jazirah Arab merupakan padang gersang yang tandus akan tetapi mampu menjadi hamoaran hijau yang indah. Dengan semakin berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi maka para ilmuwan mengembangkan hidrogel ini untuk sisitem tanam hidroponik, sehingga semakin berkembang pula penggunaannya untuk tanaman hias dalam ruangan.

Fungsi Hydrogel
Hidrogel berfungsi menyerap dan menyimpan air dan nutrisi untuk tanaman dalam jumlah besar. Hidrogel dapat terurai melalui pembusukan oleh mikroba sehingga produk ini aman digunakan. Hidrogel tidak larut dalam air tetapi dia hanya menyerap dan akan melepaskan air dan nutrisi secara proporsional pada saat dibutuhkan oleh tanaman. Dengan demikian tanaman akan selalu mempunyai persediaan air dan nutrisi setiap saat karena hidrogel berfungsi menyerap dan melepaskan ( absorption - release cycles) . Hidrogel mampu menyerap air sebanyak 100 - 200 kali berat hidrogel itu sendiri. Hidrogel ini dapat digunakan untuk pengganti media tanah dan campuran media tanam pada tanaman pot, lahan pertanian, perkebunan, hutan dll. Fungsi hidrogel membantu mengurangi volume dan frekuensi penyiraman tanaman. Selain itu, media tanam hydrogel memiliki beberapa keuntungan, yaitu
1.    Memastikan ketersediaan air sepanjang tahun.
2.    Mengurangi ferekuensi penyiraman hingga 50%.
3.    Mengurangi hilangnya air dan nutrient disebabkan oleh leaching dan evaporasi.
4.    Memperbaiki physical properties dari compact soils dengan membentuk aerasi udara yang baik.
5.    Meningkatkan pertumbuhan tanaman karena air dan nutrient selalu tersedia di sekitar tanaman sehingga mengoptimalkan penyerapan oleh akar.
6.    Mengurangi angka mortalitas. 
7.    Mengurangi pencemaran lingkungan dari erosi dan pencemaran air tanah.
8.    Terurai secara alami oleh mikroba menjadi H2O, CO2, dan komponen Nitrogen

Selain sebagai media tanam, Hidrogel dapat juga digunakan untuk:
1.    Media untuk menempatkan rangkaian bunga potong sehingga awet segar sekaligus sebagai Dekorasi/Floral Arrangement and Candle Decoration
2.    Gunakan hidrogel pada bunga potong agar bunga agar bunga tetap segar dan tidak cepat layu
3.    Pengharum Ruangan / Pengharum interior Mobil, hidrogel ke dalam air yang telah diberi parfum/ aroma terapi kesukaan anda. Biarkan hingga 8 jam agar larutan air parfum dapat menyerap sempurna.
4.    Mengurangi udara kering di ruang ber-AC. Taruh hidrogel di gelas kaca pada ruangan ber-AC untuk mengatasi udara kering dari AC. Cocok digunakan di kantor atau apabila Anda sering berada di ruangan ber-AC. Hidrogel juga dapat diletakan di gelas2 kaca untuk mempercantik lemari pajangan (display) Anda. Jika hidrogel menyusut, anda bisa merendam hidrogel anda di dalam air selama 1-2 jam.
5.    Kreasi merangkai bunga dan kreasi Lilin, Hidrogel bisa digunakan untuk mempercantik kreasi bunga dan lilin Anda.

Aneka Bentuk Hidrogel
Hidrogel itu bisa dibentuk beraneka ragam, tapi itu juga tergantung teknologinya. Sedangkan untuk hidrogel yang beredar dipasaran ada empat model bentuknya, yaitu :
§  Hidrogel berbentuk kristal.
Sewaktu kering bentuknya seperti gula pasir, setelah direndam maka hasilnya menjadi seperti kristal. Untuk bentuk kristal terdapat dua ukuran yaitu M & L
§  Hidrogel berbentuk Bulat
Sebelum direndam bentuknya seperti biji kacang hijau yang tentu saja sudah bulat. Hampir sama seperti bentuk kristal, terdiri dari ukuran M & L
§  Hidrogel berbentuk kotak.
Sedari awal sebelum direndam dengan air sudah berbentuk kotak, setelah direndam berarti terjadi penambahan ukuran dengan bentuk setelah direndam air persis seperti agar – agar yang berbentuk kotak.
§  Hidrogel berbentuk kristal
Hidrogel dapat dibentuk beraneka ragam. Ini diperkuat dengan adanya hidrogel yang berbentuk aneka ragam hewan. Sedangkan untuk ukuran hidrogel yang berbentuk hewan lebih variatif, mulai dari ukuran S, M, L & XL .Hidrogel berbentuk hewan.

Hydrogel untuk campuran dapat diaplikasikan dengan dua cara:
§  Aplikasi kering (dry application)
Hidrogel ditabur merata pada tanah yang telah dipersiapkan untuk penanaman dengan kedalaman 10 – 30 cm. Metoda ini menjamin keuntungan yang berjangka panjang. Setelah polymer menyerap air, struktur tanah akan semakin baik dan kemampuan tanah untuk menampung air (water retention capacity) akan naik
§  Aplikasi Basah (pre-hidrated)
Hidrogel pertama-tama harus direndam dalam air sebanyak 100-200 kali berat polymer tersebut dan dibiarkan selama 1 jam sampai jenuh dan kemudian ditaburkan ke dalam tanah, kemudian ditutup dengan tanah agar polimer tidak rusak karena kontak langsung dengan sinar ultra violet. Dosis yang dianjurkan adalah 5-20 kg/ha.

Aplikasi Hidrogel Untuk Tanaman Hias Dalam Ruangan
Cara Aplikasi Hidrogel tersebut adalah sebagai berikut :
§  Satu bungkus Hidrogel (5 gr) direndam dalam air sebanyak 500 ml (2 gelas air). Satu bungkus Hidrogel (5 gr) direndam dalam air sebanyak 500 ml (2 gelas air).  
§  Biarkan hidrogel selama 4 – 5 jam. Untuk penyesuaian warna, hidrogel bisa direndam lebih lama atau ditambah air agar warna lebih muda. Sebaiknya hidrogel tidak direndam lebih dari 6 jam karena akan mereduksi warna & unsur hara.
§  Butir hidrogel yang sudah jadi ditiriskan selama 1- 2 jam hingga semua kandungan airnya benar – benar tiris.
Hidrogel siap dipindahkan kedalam gelas bening, botol selai, pot kaca atau vas bunga transparan (bawahnya tidak berlubang) atau sebagai campuran media tanam. Untuk bertanam di media hidrogel ada beberapa bahan dan alat yang harus disiapkan, antara lain :
§  Tanaman hias yang mampu tumbuh pada kelembaban yang tinggi
§  Kristal/butir hidrogel satu warna/beraneka warna (sesuai pilihan) yang telah mengembang
§  Air untuk mencuci tanaman
§  Vas atau gelas-gelas kaca
§  Gunting, pisau, sikat gigi bekas, baskom, sendok

Tanaman yang akan dipindahkan dalam media hydrogel dengan cara-cara sebagai berikut:
1.   Siram dahulu pot tanaman sehingga tanaman mudah di cabut
2.   Angkatlah tanaman dari pot secara hati-hati supaya tidak banyak akar yang rusak.
3.   Rendam akar tanaman dalam air selama lebih dari 1 jam supaya tanah mudah dibersihkan
4.   Cucilah semua bagian tanaman dengan air bersih sampai seluruh daun, batang dan perakaran bersih. Perakaran yang terlalu panjang di potong
5.   Setelah diadaptasikan, akar yang rusak, patah atau membusuk di buang lalu di cuci kembali.
6.   Tanaman harus benar-benar bersih dari tanah karena dapat merusak hidrogel dan membuat hidrogel ditumbuhi lumut
7.   Tanaman direndam dalam air semalaman untuk mengadaptasikan tanaman pada medium tanpa tanah
8.   Tanaman siap dimasukkan kedalam media baru yang berisi hidrogel. Langkah pertama masukan hidrogel 1/4 bagian (1/4 volume vas) kemudian masukan tanaman dan masukan hidrogel sisanya sampai semua akar tertutup. Vas yang telah jadi, siap untuk dijadikan hiasan.

Tidak semua tanaman dapat tumbuh dengan baik di dalam hidrogel. Ciri-ciri tanaman yang dapat tumbuh adalah tanaman yang mempunyai sifat tahan kadar air berlebih, tahan kelembaban tinggi, tidak berkayu, tanaman dalam ruang, umumnya tidak berbunga. Hidrogel juga bisa ditanami sayuran seperti selada dan caisim. Tanaman tersebut ditumbuhkan dahulu di arang sekam sampai berumur sebulan sebelum dipindah ke dalam hidrogel

Jenis tanaman yang cocok memakai HIDROGEL ;
1.   Aglaonema; Srirejeki, Pride of Sumatra, Lady Valentine dll.
2.   senseviera; Lidah Mertua, Lorentii, Masonia dll.
3.   Anthorium; Gelombang cinta, Hookery, Kuping gajah dll.
4.   Phylodendron; Honeylemon, Mercy, phylo Katak dll
5.   Jenis Bambu; Bambu kuning Mini, Bambu Jepang dll.
6.   Jenis sirih; Sirih Merah, Sirih Belanda dll.
7.   Jenis tanaman paku
8.   Serta tanaman yang suka kelembaban tinggi.

Dapat disimpulkan bahwa tanaman dengan ciri berikut adalah cocok menggunakan media tanam HIDROGEL;
  •    Batang/pohon tidak berkayu.
  •    Tidak memerlukan sinar matahari langsung/sinar dengan kadar tinggi.
  •    Tahan terhadap kelembaban tinggi.
  •    Umumnya tanaman tidak berbunga dan berbuah.


Cara Pemeliharaan Tanaman Media Hidrogel :
1.   Tanaman disiram dengan handsprayer pada daunnya saja sesekali.
2.   Apabila hidrogel terlihat menyusut (1-2 bulan), siramlah hidrogel dengan air secukupnya, air yang terlalu banyak dapat menyebabkan kebusukan. Atau dengan mengeluarkan tanaman dan hidrogel dari vasnya, lalu rendam hidrogel selama 30 menit agar mengembang kembali, lalu tiriskan dan pindahkan ke vas lagi. Jika warna hidrogel telah pudar, Tambahkan pewarna makanan pada air ketika Anda mencuci atau menyiram hidrogel.
3.   Apabila daun kotor, bersihkan debu yang menempel pada dau dengan menggunakan tisu basah sampai bersih.
4.   Jika tanaman menguning, kemungkinan ada beberapa penyebab yaitu: Tanaman itu kekurangan unsur hara, cara mengatasinya yaitu dengan cara pemupukan atau tanaman kekurangan cahaya matahari, penangulangannya: gelas berisi hidrogel dilapisi bahan gelap tak tembus cahaya (misal polybag warna hitam atau kain hitam). Letakan vas yang telah dibungkus ditempat yang terkena sinar matahari pada pagi hari (dilakukan 1-2 minggu atau sebulan sekali).
5.   Bila vas dan hidrogel berlumut dan berbau, segeralah keluarkan hidrogel dan bilas dengan air sampai lumutnya benar-benar hilang, lalu hidrogel bisa digunakan kembali.
6.   Jika akar tanaman membusuk, keluarkan tanaman dari hidrogel. Buang akar yang membusuk, cucilah tanaman dan bilas hidrogel sampai bersih, tiriskan dan masukan kembali tanaman kedalam hidrogel atau ganti dengan tanaman baru.
7.   Pemupukan diberikan setiap 3-6 bulan sekali atau jika tanaman kekurangan zat hara. pemupukan dilakukan dengan menyemprotkan pupuk ke daun dengan handsprayer. Pupuk yang bisa digunakan seperti gandasil, hyponex, forest, dll.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar tanaman atau bunga yang di tanam pada media hidrogel sesuai dengan harapan, berikut ini adalah beberapa sebab utama kegagalan menanam dengan hidrogel, yang mengakibatkan tanaman layu/mati:
1.   Ruangan yang kurang sejuk, (pengap/panas & terlalu lembab). Tak ada pantulan sinar. Terhambatnya aliran udara.
2.   Penirisan hidrogel kurang dari 30 menit, menyebabkan genangan air berlebih yang membuat akar jadi busuk.

3.   Akar terlalu banyak dipotong. Sebaiknya akar disesuaikan dengan kondisi vas, tidak terlampau padat (dari berbagai sumber)

Oleh: R Widyowati
Gambar: nothonthehighstreet

COMMENTS

Nama

agens hayati,7,agrotis ipsilon,1,air bekas cucian beras,1,air cucian beras untuk pupuk tanaman,1,alat,1,alpukat,1,antraknosa,1,arang sekam,2,bahaya pestisida,1,bakteri,1,bawang merah,1,berita,1,bibit singkong ubi kayu unggul,1,blossom root,1,BP,1,buah naga,1,budidaya,46,budidaya cabai diluar musim,2,budidaya cabe,1,budidaya kangkung,1,budidaya ubi kayu singkong,1,buku pangan,4,busuk tomat,1,cara buat kompos,1,cara budidaya cabai,1,cara budidaya tomat,1,cara fermentasi jerami,1,cara makan kentang,1,cara membuahkan tabulampot,1,cara membuahkan tanaman diluar musim,1,cara membuat bibit buah naga,1,cara membuat kompos,6,cara membuat pupuk,1,cara membuat pupuk hayati,2,cara membuat pupuk kompos organik,2,cara pembuatan kompos,6,Cara pembuatan tepung,1,cara pemupukan melon,1,cara penanganan hama kentang,1,cara pencegahan wereng,1,cara pengolahan jambu,1,cemaran logam,1,ciri kerusakan pangan,5,dampak pestisida,3,definisi tani maju,1,diabetes,2,diet golongan darah,2,diet sehat,6,dosis pestisida,1,ebook gratis,1,Ebook ibu dan bayi,2,ebook kesehatan,7,ebook nutrisi,2,Ebook Penyakit,3,emulsifier,2,fodder hidroponik,1,Free ebook,10,free ebook pertanian,1,fungsi l carnitine,1,gaya hidup,6,gejala diabetes,2,gejala keracunan pestisida,1,gelatin,1,gizi,1,hama dan penyakit,20,hama dan penyakit jagung,2,hama kentang,1,hama penyakit cabai,1,hama penyakit cabe,1,hama ulat tanah,1,harga cabai hari ini,1,hidroponik,2,ilmu pangan,13,insektisida,2,jarak tanam jagung efektif,1,jenis karagenan,1,jenis pestisida,2,jenis-jenis pestisida,3,kandungan air cucian beras,1,Kanker,1,karagenan,1,keamanan pangan,3,kebijakan,1,keracunan pestisida pada petani,1,Kesehatan,18,kliping,16,kompos organik,6,kontaminasi makanan,1,kontaminasi makanan oleh logam berat,1,kulit kentang,1,kursus ilmu pangan,2,label pestisida,1,lahan sempit,1,lifestyle,1,macam-macam pestisida,3,makanan sehat,8,manfaat air cucian beras,1,manfaat daun bayam; zat gizi; pangan,1,manfaat daun singkong; zat gizi; pangan,1,manfaat karagenan,1,manfaat labu siam,1,membuat pupuk hayati,1,membuat pupuk kompos,5,mikrobiologi,1,nutrisi,2,obesitas,2,opini,3,organik,19,pakan ternak,1,pangan,11,pangan fungsional,5,pasteurisasi,1,patek cabe,1,pembuatan kompos,6,pembuatan pakan,1,pembuatan pupuk kompos,6,penanganan ulat bulu,1,pendinginan,1,pengaruh air cucian beras terhadap pertumbuhan tanaman,1,pengawetan,1,pengelolaan gulma,1,pengendalian wereng,1,pengertian pestisida,2,Pengolahan,13,pengolahan tanah.,1,penyakit pada cabai,1,penyakit tanaman cabai,1,penyakit tanaman cabe,1,penyebab diabetes,2,penyuluhan,3,perkembangbiakan,1,perlakuan bibit ubi kayu singkong,1,pertanian,1,pertanian organik,9,pestisida nabati,2,pestisida organik,2,pestisida organofosfat,1,petunjuk pemupukan jagung,1,PHT,2,politik,1,politik pertanian,1,programa,1,psikologi,1,pupuk daun,1,pupuk organik,1,reformasi agraria,1,resep cake,1,resep labu kuning,1,resep roti tawar,1,RKTP,1,sawo,1,Sejarah,1,sejarah hari tani,1,SF,1,solusi diabetes,2,solusi kanker,1,tabulampot,3,tanam sawo dalam pot,1,teknik aseptik,1,teknik budidaya jagung,2,teknologi pertanian,5,teknologi tepat guna,3,tips diabetes,1,tips diet,1,tips jajan,1,tips membeli makanan kemasan,1,ubinan,1,zat gizi,1,
ltr
item
GagasPertanian.com: Media Tanam Hidroponik Berbasis Gel
Media Tanam Hidroponik Berbasis Gel
https://4.bp.blogspot.com/-qovcqNQPTZk/V48odWgixpI/AAAAAAAAAkE/Z6yiLy69yGooP1NgHl_rT0gn2AOnTNjZACLcB/s320/original_photo.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-qovcqNQPTZk/V48odWgixpI/AAAAAAAAAkE/Z6yiLy69yGooP1NgHl_rT0gn2AOnTNjZACLcB/s72-c/original_photo.jpg
GagasPertanian.com
http://www.gagaspertanian.com/2016/07/media-tanam-hidroponik-berbasis-gel.html
http://www.gagaspertanian.com/
http://www.gagaspertanian.com/
http://www.gagaspertanian.com/2016/07/media-tanam-hidroponik-berbasis-gel.html
true
5593039285974991284
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy